Jumat, Februari 08, 2013

School/future?

Kali ini gue mau ngomongin masa depan. Setuju nggak kalau masa depan itu erat banget kaitannya sama sukses. Siapa yang gak mau sukses di masa depan? Ya, semua orang punya cita-cita. Mungkin kalo lo nanya temen lo 'Cita-cita lo apa?' dijawab 'Nggak tau nih, gimana nanti.' itu kemungkinan besar dia gak mau meng-explore apa sih yang sebenernya dia mau, kedepannya dia gimana. Sebenernya sih yang mau gue bahas itu tentang sekolah. Agak gak nyambung juga sih pembukaan gue, tolong dimaafkan aja ya amateur blogger gini. Oh iya, sebelumnya gue saranin dengerin soundcloud Om Deddy Corbuzier, di klik aja "Pentingkah Sekolah? - Deddy Corbuzier".

Gue termasuk orang yang pro sama statement om Deddy, apalagi tentang sistem sekolah yang harusnya bisa lebih efisien dgn hanya mempelajari mata pelajaran yang sesuai minat kita. Jadi gak perlu mikir yang lain. FOKUS. Gue juga setuju banget soal prestasi di sekolah gak mempengaruhi masa depan kita. Contoh, lo selalu ranking 1 dikelas setiap semester, emang kalo lo mau bisnis harus ada sertifikat ranking 1 dari sekolah? Nggak kan?

Gue mau sedikit curhat nih tentang kekecewaan gue. Beberapa waktu lalu sekolah gue ngadain Ulangan Semester, selesai ulangan ada sesi remedial. Nah kebetulan ada satu pelajaran yang nilai gue dibawah kkm, jadi harus remedial. Gue jalanin remedialnya, dan pas pengambilan rapor gue dikasih tau kalo nggak ada yang di remedial. Diantara siswa dikelas ada beberapa yang harus remedial lagi, karna nilai masih kurang dan dikasih waktu 1 bulan buat perbaikan. Gue kira ya cuma ada sesi remedial aja, ternyata ada sesi penambahan atau pengurangan nilai buat yang nggak remedial! Weird, nilai aja segala dikurang atau ditambahin. Dan jujur karna menurut gue nilai gue udah pas ya udahlah gue gak tambah atau kurangin. Lagian kalo nilai gue ditambahin dan semester berikutnya gue gak mencapai nilai itu, kesempatan PMDk lewat aja. Gue jadi makin bingung sama sistem sekolah, katanya kalo mau PMDK harus ranking 1-10 terus nilai rapor nggak boleh turun, tapi yang nggak dapet ranking 1-10 tetep aja disuruh gak boleh turun nilainya. Oke gue jadi makin bingung. Yang perlu digaris bawahi disini, dimana keadilan??? Nilai yang harusnya mutlak itu malah harus ditambah atau dikurang, ini tuh lagi sekolah atau lomba sih?! Lo cuma ngemis nilai dan buat tugas ecek-ecek akhirnya dapet nilai tambahan? Nggak adil buat yang lain yang remedial dan nggak ada kesempatan tambah nilai. Dulu kata bokap nyokap, jamannya mereka SMA nggak ada tuh remedial dan segala macemnya. Sekolah ya sekolah aja, cari ilmu. Nggak terbebani sama nilai. Sistem sekarang udah berubah pesat, bukannya makin baik malah makin buruk. Jujur gue kecewa. Terlebih pas wali kelas gue bilang karna gue gak ikut sesi nambah nilai, peringkat gue turun. Tapi balik lagi ke awal, kesuksesan bukan dilihat dari prestasi di sekolah.

Oh ya, gue sempet denger tentang kurikulum baru 2013 yang sesuai dgn apa yg gue mau selama ini, pilih pelajaran yg paling disukai. Semoga perubahannya berjalan lancar dan bisa secepatnya, karna mewakili murid SMA dimanapun juga, gue bosan harus pelajarin banyak mapel yang beberapa dari itu gue nggak minat. Ya mungkin segitu aja, semoga apa yg semua pelajar di Indonesia harapkan cepat tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar